UE Cairkan 14,5 Miliar Euro Buat Yunani

BRUSSELS, KOMPAS.com - Uni Eropa (UE) akhirnya mencairkan dana segar ke Yunani Pengucuran pinjaman darurat tahap pertama itu bernilai 14,5 miliar euro. "Dana tersebut sudah kami transfer kemarin," ujar Juru Bicara UE Amadeu Altafaj, dalam wawancara via telepon kepada Bloomberg, kemarin.

Altafaj mengatakan, pencairan pinjaman darurat ini dilakukan agar Yunani bisa membayar kewajiban bunga dan utang obligasi yang jatuh tempo kemarin. Nilai kewajiban utang Yunani mencapai 8,5 miliar euro atau setara dengan 10,6 miliar dollar AS.

Dana Moneter Internasional alias IMF yang berpartisipasi dalam program bailout tersebut telah berkomitmen menyediakan dana hingga 5,5 miliar euro. "Total dana tahap pertama ini akan menutupi kebutuhan pendanaan Yunani untuk bulan Mei hingga Juni," kata Menteri Keuangan Yunani George Papaconstantinou.

Sekadar catatan, setelah Yunani berhasil membayar kewajibannya kemarin, obligasi jatuh tempo selanjutnya baru akan terjadi pada Maret 2011. Ini untuk surat utang pemerintah bertenor tiga tahun yang nilainya mencapai 8,6 miliar euro.

Menteri keuangan negara-negara UE dan IMF telah menyetujui paket pinjaman darurat senilai 110 miliar euro pada 2 Mei lalu. Yunani sendiri berjanji akan segera menjalankan program pemangkasan anggaran yang mencapai 14 persen produk domestik bruto (PDB) sebagai pertukaran bantuan.

Sayang, komitmen bantuan ke Yunani tidak mampu menahan anjloknya euro dan harga obligasi di negara-negara UE berdefisit tinggi, seperti Spanyol dan Portugal. Makanya, pimpinan UE pada 9 Mei menyepakati penyediaan dana siaga yang nilainya mencapai 1 triliun dollar AS untuk menahan tekanan pasar.

Perdana Menteri (PM) Yunani George Papandreou mengatakan, Yunani siap menaikkan pajak, memangkas upah, dan memotong belanja pemerintah untuk mengurangi defisit anggaran.

Kepala Eurogroup Jean-Claude Juncker menegaskan, UE percaya Yunani berada dalam jalur yang tepat. Meski begitu, UE akan terus memantau dan mengevaluasi perkembangan di Negara itu.

UE juga yakin krisis Yunani tidak akan meluas dan menyebabkan wilayah ini kembali memasuki masa resesi. Mereka juga yakin euro tidak akan terpuruk lebih dalam. Apalagi, negara yang sangat membutuhkan pemangkasan defisit selain Yunani hanya Spanyol dan Portugal. "Kondisi masing-masing negara tidak sama," tegas Komisaris Urusan Ekonomi dan Moneter Uni Eropa Olli Rehn. (Sopia Siregar/Kontan)

Ulasan:

Langkah kebijakan yang baik, agar krisis yunani tidak berdampak luas terhadap Negara-negara Uni Eropa.

0 Response to "UE Cairkan 14,5 Miliar Euro Buat Yunani"

Posting Komentar