Pemerintah Terbitkan Surat Utang Rp 86 Triliun

Wahyu Daniel - detikFinance

Jakarta - Sampai dengan kurang lebih 5 bulan di tahun 2010, pemerintah telah menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) dan juga Sukuk dengan nilai Rp 86 triliun. Penerbitan surat utang ini dilakukan untuk memenuhi kekurangan dana untuk membiayai APBN tahun ini.

"Sampai saat ini pemerintah sudah menerbitkan Rp 86 triliun atau 48,4% dari total gross target penerbitan SBN (Surat Berharga Negara) di tahun 2010," jelas Dirjen Pengelolaan Utang Kemenkeu Rahmat Waluyanto kepada detikFinance, Sabtu (15/5/2010).

Seperti diketahui, anggaran pemerintah di tahun 2010 mengalami kenaikan defisit menjadi 2,1% atau Rp 129,816 triliun. Salah satu jalan yang diambil oleh pemerintah untuk menutupi defisit tersebut adalah dengan menerbitkan surat utang tersebut.

Pemerintah berencana untuk menarik pinjaman luar negeri sebesar Rp 70,777 triliun. Kemudian dari penerbitan surat utang (SBN/Surat Berharga Negara) sebesar Rp 107,5 triliun. Semua akan dilakukan di tahun ini.

(dnl/dnl)

Ulasan:

Keputusan yang dibuat pemerintah menerbitkan Surat Utang Negara (SUN), surat utang (SBN/Surat Berharga Negara), dan menarik pinjaman luar negeri untuk memenuhi kekurangan dana untuk membiayai APBN tahun ini sangatlah baik dan akan lebih baik lagi jika dana tersebut dimanage dan digunakan sebaik mungkin.

0 Response to "Pemerintah Terbitkan Surat Utang Rp 86 Triliun"

Posting Komentar